-->

Shinkansen di indonesia

http://images.detik.com/content/2014/03/04/4/164941_shinkan.jpgJakarta -Kereta cepat untuk Jakarta-Bandung maupun menuju Surabaya memang belum dipastikan akan menggunakan Shinkansen asal Jepang. Pasalnya, proyek ini masih dalam tahap feasibility study (FS) atau studi kelayakan.

Deputi Bidang Infrastruktutr Kemenko Perekonomian, Lucky Eko Wuryanto menuturkan Shinkansen memiliki teknologi yang paling canggih dari yang ada saat ini. Teknologinya yang tahan akan gempa sangat cocok dengan Indonesia.

"Dari yang dipresentasikan kemarin yang punya sistem yang responsif terhadap gempa itu hanya Shinkansen, teknologi Jepang. yang lain nggak ada," ujar Lucky di kantornya, Jakarta, Selasa (4/3/3014).

Ia mengakui banyak kereta cepat yang berasal dari negara lain. Seperti kereta dari China. Namun Lucky sedikit meragukan kualitas kereta dari negeri bambu tersebut. Contoh kasusnya adalah bus TransJakarta yang diimpor beberapa waktu lalu.

"China nanti masalahnya kayak busway lagi," sebut Lucky.

Sebelumnya, Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Dedy S Priatna mengatakan kemungkinan kereta yang dipergunakan nantinya adalah Shinkansen. Ini adalah kereta terbaik di dunia yang berasal dari Jepang.

Shinkansen merupakan kereta api dengan solusi terbaik yang dimiliki Jepang. Kereta ini memiliki teknologi mutakhir untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih nyaman dan ramah lingkungan.

Selain itu, kereta ini juga memiliki teknologi untuk merespons gempa bumi dengan dilengkapinya sensor yang dapat mendeteksi gempa dari jarak sekian kilometer. Kereta akan berhenti secara otomatis, bahkan ketika sedang dalam terowongan sekalipun.

Dedy menuturkan banyak negara yang sudah menerapkan kereta cepat. Tentunya dengan kondisi Indonesia seperti sekarang, kereta cepat itu diperlukan.

"Banyak negara besar yang sudah menerapkan kereta ini. Salah satunya itu Thailand. Kemudian juga Malaysia-Singapura akan dibuat tahun ini. Jadi dua negara itu nannti tersambung kereta cepat," jelasnya.

sumber
Related Posts