-->

Perang Blogger di Dunia Maya (Indonesia vs Malaysia)

Dunia perblogan antara indonesia dam malaysia menjadi panas. Banyak blogger indonesia yang menjelek-jelekkan negara malaysia dan adapula blogger malaysia yang menjelek-jelekkan indonesia. Mungkin inilah yang dimaksud perang dunia maya di mana para blogger di malaysia dan indonesia saling menjatuhkan dan menjelek-jelekkan negara tersebut.

Ketegangan indonesia dan malaysia pertama kali terjadi ketika bung karno berkuasa, beliau menetapkan untuk melakukan konfrontasi. peristiwa itu dikenal dengan peristiwa ganyang malaysia. Tahun 2002 terjadi perebutan 2 pulau yaitu sipadan-ligitan. Perebutan wilayah itu mendapat perhatian internasional. Akhirnya kasus tersebut menjadi Quo dan diselesaikan di mahkamah internasional. Dan pada akhirnya kedua pulau itu jatuh menjadi milik malaysia.
Kemudian muncul kasus baru. Perebutan blok Ambalat. Trauma akan sipadan-ligitan, blok Ambalat dijaga ketat oleh TNI-AL
Kemudian kejadian beberapa bulan lalu yaitu lagu rasa sayange menjadi polemik. Tak lama kemudian malaysia mengakui bahwa lagu itu berasal dari indonesia. Kemudian yang baru-baru ini terjadi yaitu barongan yang mirip reog ponorogo. Banyak para seniman reog yang protes bahwa reog yang asli hanya satu yaitu reog dari ponorogo, Indonesia. Itulah berita yang memanas beberapa hari yang lalu baik di media masa, cetak, maupun elektronik.
Di dunia perblogan sendiri, setiap blog beropini tentang hal-hal di atas. Ada yang menanggapinya negatif, ada juga yang netral. Bahkan situs malaysia di hack oleh hacker Indonesia. Para hacker menuntut:
1. Hentikan pencurian kesenian dan kebudayaan dari Indonesia
2. Adili pelaku kekerasan terhadap WNI yang berada di Malaysia
3. Bubarkan Pasukan Rela
Kemudian situs malaysia sendiri juga menyudutkan bangsa Indonesia dengan menjelek-jelekkan Indonesia. Salah satu situs yang terlibat adalah www.topix.com. Terus terang Aku jengkel, dan marah. Warga negara mana yang marah kalo negaranya diejek.
Yang saya takutkan ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk tujuan tertentu. Dan saya berharap bahwa janganlah saling mengejek. Bukannya menyelesaikan masalah, tapi malah akan membuat keruh masalah. Saya yakin tidak semua blogger malaysia atau pun blogger Indonesia saling mengejek. Jadi Untuk pemerintah, selesaikanlah melalui jalur yang ada. Caci maki bukan solusi yang baik untuk masalah seperti ini.
Nb: Saya Gak rela kalo negaraku diejek..

0 Response to "Perang Blogger di Dunia Maya (Indonesia vs Malaysia)"

Post a Comment