-->

Migrasi Blogspot Ke WordPress Self Hosting


blogspot to wordpress migrationAlhamdulillah dengan banyak membaca dan mencoba, akhirnya berhasil sudah memindahkan beberapa blog dengan platform blogspot migrasi ke self hosting dengan platform wordpress. Walaupun menghadapi beberapa kendala seperti lamanya proses resolving dari domain ke hosting yang membutuhkan waktu hampir 2 hari. Belum lagi kendala ketika import artikel blogspot ke wordpress yang beberapa kali gagal total. Setelah googling bolak-balik ketemu juga diforum-forum diskusi tentang bagaimana me-migrasikan dan mengimport posting blogspot ke wordpress.
Berikut ini langkah-langkah (Step by step) cara memindahkan blogspot ke WordPress self hosting, cara ini hanya untuk blog dengan domain sendiri (blogspot yang sudah dicustom domain):
  1. Pertama kali login ke blogger.com dan lakukan backup/export posting blog dimenu Setting -> Basic -> Export blog, lalu simpan dikomputer.Export blog untuk backup posting
  2. Setelah itu lepaskan/copot domain dari blog dari menu Setting -> Publishing -> Switch to Blogspot domain, langkah ini untuk mencabut domain dari blog. Ingatlah setelah langkah ini domain tidak bisa diakses.
  3. Catatlah nameserver(NS) dari hosting tempat kita akan menaruh blog nantinya. sebagai contoh saya beli hosting di neohoster dengan nameserver1: us41.neohoster.com, dan nameserver2: us42.neohoster.com
  4. login ke penyedia domain, sebagai contoh saya punya domain yang sudah dicustom sebelumnya untuk blogspot dengan nama adethea.com yang dulu saya beli di eazymart. maka saya login ke eazysmart lalu dihalaman client area pilih menu My Domains, lalu pilih domain yang sudah dicopot dari blogspot pada langkah ke 2 tadi. Klik tanda panah kanan(hijau).Ganti Nameserver domain
  5. Ganti nameserver sesuai NS penyedia hosting kita, karena saya memakai hosting neohoster maka NS saya ganti:
    • nameserver1: us41.neohoster.com
    • nameserver2: us42.neohoster.com
    Lalu klik Save Changes/Update.Ganti Name server
  6. Setelah itu kita bisa login ke cpanel hosting untuk memasang/Install script WordPress dari cpanel -> FantasticoInstall script WordPress
  7. Setelah install wordpress berhasil, sampai disini kita berhenti dulu untuk menunggu resolve domain ke hosting yang memerlukan waktu 1-2 hari. Tandanya sudah resolve adalah domain sudah bisa diakses/dibuka.
  8. Langkah selanjutnya jika domain sudah berhasil dibuka, langung menuju dasboard Wp dialamat http://namadomainanda.com/wp-admin, loginlah menggunakan user dan password yang sudah ditentukan pada langkah no.6.
  9. Di Dasboard WP klik menu Setting -> Permalinks untuk merubah link standar wp. Permalink perlu dirubah agar nantinya blog wp bisa menghasilkan link yang sama dengan pola/permalink blogspot/blogger. Pilih permalink Custom Structure lalu masukkan /%year%/%monthnum%/%postname%.html sehingga akan menghasilkan link seperti ini: http://www.adethea.com/2010/08/sample-post.html
    link yang sama seperti sebelum di migrasi. Lalu klik Save Changes untuk menyimpan perubahan.
  10. Selanjutnya kita bisa mengimpor file posting blogspot yang sudah disimpan pada langkah pertama. Import artikel blogspot ke wp lewat menu Tools -> Import -> Blogger, tapi menggunakan cara ini saya beberapa kali gagal terus entah mengapa. Bila cara diatas gagal gunakan cara lain namun file posting blogspot(yang berektensi .xml) pada langkah no.1 perlu diconversi menjadi WordPress WXR export file (.wxr) dengan memakai tools dialamat http://blogger2wordpress.appspot.com/.
  11. Setelah diconvert ke WordPress WXR export file selanjutnya file .wxr bisa diimport melalui menu Tools -> Import -> WordPress sampai selesai.
Sampai disini blog sudah berhasil di migrasikan dari blogspot ke wordpress self hosting dengan permalink yang sama atau paling tidak mendekati permalink sebelumnya sewaktu masih memakai engine blogger.com/blogspot.
Semoga berguna, selamat berpuasa dan tetap semangat :D

0 Response to "Migrasi Blogspot Ke WordPress Self Hosting"

Post a Comment