=== Selamat Datang DI Blog 98 ---Bergabung Dan Jangan Lupa Untuk Meninggalkan Komentar Sebelum Keluar ===

Friday, July 20, 2012

Membuat Antena Wifi USB Dengan Wajan


Berbagai cara dilakukan oleh para penggila wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan gain sinyal perangkat wifi mereka untuk menambah tangkapan sinyal dari akses point ataupun hotspot. Hal ini dilakukan pada umumnya untuk dapat terus menggunakan akses internet maupun sumber daya jaringan lain yang terhubung dengan akses point atau hotspot tersebut. Kualitas tangkapan sinyal dari sebuah perangkat wifi pada arsitektur 802.11 a/b/g atau n dalam menangkap sinyal wifi dari pancaran sebuah akses point atau hotspot pada umumnya dibatasi oleh beberapa hal. Faktor jarak yang relatif jauh dan juga factor hambatan lain seperti pemasangan sebuah hotspot yang tidak benar pada ruangan gedung yang tidak terjangkau juga menjadi salah satu sebab berkurangnya kualitas tangkapan sinyal pada perangkat wifi di komputer anda.





Beberapa alat tambahan dibuat dapt dijual secara komersil oleh produsen perangkat wifi untuk dapat meningkatkan kualitas tangkapan sinyal perangkat wifi standar. Namun karena beberapa faktor seperti harganya yang cukup mahal membuat perangkat tersebut kurang begitu diminati oleh para konsumennya. Salah satu alat yang biasa digunakan untuk meningkatkan kualitas sebuah perangkat wifi adalah antenna wifi eksternal yang dapat anda jumpai pada toko-toko komputer di kota anda.
Namun bagi anda yang terlanjur membeli sebuah wifi USB adapter standard dan merasa tidak puas dengan hasil tangkapan sinyal wifi anda tersebut, maka anda dapat mengubah wifi USB adaptor anda tersebut menjadi sebuah antenna wifi USB eksternal dengan sedikit kreatifitas.
Antena Wifi USB atau biasa disebut dengan Uni-Directional Wifi Range Extender adalah sebuah perangkat tambahan pada sebuah komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas tangkapan sinyal wireless standar dari jarak yang cukup jauh dengan menggunakan adapter USB Wifi standar.
Dalam pembuatan antenna Wifi USB ini kita tidak memerlukan modifikasi apapun pada adapter USB wifi standar kita ataupun mengubah bentuk fisik komputer (PC) anda. Hanya sebuah jalan pintas yang mudah untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan jarak dari adaptor USB Wifi anda. Dan cara ini bekerja juga untuk seluruh jenis adaptor USB wifi standar yang biasa anda pakai.


Alat dan Bahan

ini adalah beberapa peralatan yang relatif murah, sederhana, dan mudah anda dapatkan di dalam rumah anda. Adapun bahan-bahan yang perlu disiapkan tersebut adalah :
ALAT
• Gergaji besi
• Mesin bor
• Kikir
• Penggaris
• Cutter
• Kunci shock / kunci inggris
• Tang
• Solder & timah
• Kabel extender listrik
• Mata bor berukuran 10’’
Bahan
• Wajan diameter 36 cm atau lebih( lebih lebar makin kuat dalam menangkap sinyal) , cari yang bahannya ringan
• Pipa PVC 3” panjangnya 30cm
• Tutup pipa 3” : 2 buah
• Aluminium tape
• Plat L dari bahan non logam untuk dudukan USB wireless adapter ke Tiang
• Mur baut kecil panjang < id="fullpost">


TOPOLOGI





topologi wajan bolic pada dasarnya merupakan repersentasi dari feeder antenna grid 24 dBi, dimana memiliki prinsip menembakkan usb wifi yang dipasang pada wajan penggorengan dengan perhitungan ¼ lamda dari panjang gelombang saja.wajan bolic akan ditembakkan ke titik point internet terdekat seperti gambar di atas.

PROSES PEMBUATAN
*.Siapkan semua bahan dan peralatan yang digunakan.
-Wajan :
1.Bersihkan wajan, buang telinga wajan yang tidak perlu dengan gergaji besi, lubangi wajan tepat di tengah wajan tersebut seukuran baut 12 atau 14, sebanyak 3 buah lubang dengan
menggunakan bor.



Kemudian, ukur diameter wajan, kedalaman wajan dan feeder/ titik focus. Untuk lebih jelasnya silahkan liat gambar di bawah.



F = D^2/(16 *d)
F : Jarak titik focus dari center parabolic dish
D : Diameter
d : kedalaman (depth)
Setelah kita dapatkan titik fokus wajan sesuai rumus diatas maka kita dapat memulai konstruksi wajan bolik.

-Tutup Pipa:
Lubangi tutup paralon sebanyak 3 buah lubang atau di sesaikan dengan wajan, lalu tutup paralon di beri alumunium foil secukupnya.
Pasang tutup pipa yang telah dilubangi beserta dengan klem yg dipasang pada bagian belakang wajan.

-Klem:
Pasang klem, mur dan baut pada bagian belakang wajan, disesuaikan dengan lubang pada wajan, pada bagian depan (cekung) pasang tutup pipa dengan posisi terbuka.




-Paralon 3’’ :
a) Potong Paralon sepanjang 40 cm,
b) Lapisi paralon dengan Alumunium Foil sebanyak Panjang Pipa – F = Alumunium Foil.
c) Di beri tutup pada paralon yang telah di potong. (di beri lumunium foil terlebih dahulu)
d) Buat lubang untuk USB Wifi, lalu buat penahan Usb wifi dengan busa yang diletakkan didalam tepat diantara USB wifi dipasang.





-Memasang Kabel Penghubung Antena ke Komputer:
Setelah Wajanbolic selesai dirangkai maka siap dipasang, misalnya diatas genteng rumah (ketinggian sekitar 9m). Namun sebelumnya perlu kita siapkan Kabel penghubung antara antena dengan konektor USB komputer. Untuk itu gunakan kabel USB yang biasanya disediakan pada paket USB WLAN. Potong ditengah kabel USB tersebut dan perpanjang dengan menggunakan kabel UTP (kabel LAN). Cara menyambung Kabel USB dengan Kabel UTP adalah sebagai berikut :

1.Kabel warna Merah USB disambung dengan kabel UTP warna Orange dan Orange Putih (orange dan orange putih disatukan sebelum disolder)
2.Kabel warna Putih USB disambung dengan kabel UTP warna Hijau Putih.
3.Kabel warna Hijau USB disambung dengan kabel UTP warna Hijau.
4.Dan kabel warna Hitam USB disambung dengan kabel UTP warna Biru, Biru Putih, Coklat, Coklat Putih (keempat kabel ini disatukkan sebelum disolder.



-Merakit Wajan:
Lalu pasang kabel extender ke USB wifi. koneksikan antena wajan bolic ke laptop. Antena Wajan Bolic siap digunakan.


Beberapa Masalah Yang Terjadi :

a. Power loss
Power di dalam port USB tidak dibuat untuk kabel panjang, selain itu juga arus nya terbatas. Ketika jancuk-er WiFi memperpanjang kabel sampai puluhan meter, maka resiko power loss akan dihadapi, apalagi juga USB WiFi device mengkonsumsi arus yang cukup besar. Jika ini terjadi, USB WiFi adapter tidak akan terdeteksi oleh sistem, bahkan pada OS tertentu akan ada notice “low power”.

b. Data loss
Di dalam literatur lain disebutkan bahwa USB V 1.0 speed nya 1,5 Mbps (low speed), USB V 1.1 speed nya 12 Mbps (full speed), dan USB V 2.0 speednya 480 Mbps (high speed). Signal data di dalam USB ditransmisikan melalui kabel dengan label D+ dan D-. Normal, signalnya adalah 0.0 s/d 0.3 volt untuk bit low (bit “0″), dan 2.8 s/d 3.6 volt untuk bit high (bit “1″). Kabel yang terlalu panjang yang akan membuat signal data tidak jalan semestinya, misal 3 volt drop jadi 2 volt. chip di dalam USB device tidak bekerja benar. Kalau di Windows umumnya ada pesan “USB device not recognized”.

c. Mahal dan Susahnya Mencari "USB Active Extention Cable atau USB Active Repeater Cable"
Memperpanjang kabel USB lebih dari 5 meter harus pakai USB active extention cable atau USB active repeater cable. Masalahnya benda ini tidak di setiap kota ada, susah nyarinya. Bahkan ada yang bingung beli dimana atau pesan dimana. USB Active Extention cable atau USB Active repeater cable ternyata harganya tidak cukup murah. Berkisar antara Rp 100 ribu s/d Rp 150 ribu.

Demikianlah penjelasan tentang pesiapan, pembuatan, topologi, dan masalah-masalah dalam Antena Wajan Bolic. Bagi yang ingin mencoba selamat bekerja.
Sekian dan terima kasih.
Share this article now on :

+ komentar + 4 komentar

February 1, 2013 at 8:21 PM

Sebuah postingan yang sangat bermanfaat, saya ingin mencoba mempraktekannya. Thank's udah berbagi.

Terimakasih mariyanto widodo atas Komentarnya di Membuat Antena Wifi USB Dengan Wajan
February 3, 2013 at 9:30 PM

sama" gan

April 14, 2014 at 8:57 PM

saya pakai kabel belden twist bisa gak

Terimakasih Wiwidz aja atas Komentarnya di Membuat Antena Wifi USB Dengan Wajan
May 10, 2014 at 6:48 AM

ane kurang tau itu

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))